Rabu, 08 April 2009

APRIL FOOLS

Canda dan tawa merupakan suatu kebutuhan bagi manusia. Orang bilang, jika kita sulit tertawa maka akan cepat tua atau bahkan ada lagi yang berkata bahwa dengan tersenyum saja sudah membuat kita lebih muda sekitar 5 (lima) menit. Ke depannya, kegiatan untuk berkelakar ini menjadi diperingati oleh masyarakat dunia.

Hari itu diperingati pada tanggal 1 April. Hari tersebut dikenal sebagai April Fools Day yang di Indonesia akrab sebagai April Mop.

Di Perancis ,disebut Poisson d’avril atau ikan April. Mereka percaya ikan kecil itu gampang tertangkap atau tertipu.Di Skotlandia istilahnya April gowk, yang berarti burung tekukur yang disana melambangkan kepolosan. Di sana, April Fools Day malah diperingati selama dua hari. Hari kedua khusus untuk meledek anggota badan dan disebut Taily Day. Oke2 aja kalau anda menempel tulisan “Kick Me” pada bokong teman anda.

Lain lagi di Inggris, kalau anda tertipu and disebut April noddie. Di Indonesia sendiri populer dengan nama April Mop. Dalam bahasa Belanda mop berarti kelakar.

Sejarah April Mop
Hari April Fools diduga mulai diperingati pada abad ke 16 di Perancis,. Menurut keterangan pada website USIS dulu awal tahun baru itu jatuh pada tgl 1 April. Cara merayakannya mirip dengan sekarang, dengan pesta, dansa dansi hingga pagi. Kemudian th 1562, Paus Gregory memperkenalkan kalender baru yang tahunnya diawali bulan Januari. Tetapi ada beberapa kalangan yang belum dengar atau tidak percaya adanya perubahan ini. Jadi mereka terus memperingati tahun baru pada tanggal 1 April. Orang2 inilah yang disebut April Fools atau secara harafiah berarti orang2 yang tertipu di bulan April.

Teori lain yang dimuat The Washington Post mengatakan tradisi ini dimulai pada jaman Romawi kuno, saat orang merayakan festival Ceres awal April. Ceres adalah dewi panen yang putrinya diculik Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.


Perayaan April Mop memang sering kali terjadi dengan menyebalkan, namun terkadang juga sangat menyenangkan. Ada suatu rasa kepuasan tersendiri ketika kita berhasil membuat orang lain merasa tertipu. Terlebih lagi, semakin luar biasa "jokes" kita, maka semakin besar prestis kita begitu juga mengenai siapa orang yang berhasil kita kelabui.

Di Montreal, "jokes" yang mereka buat berhasil mengelabui Gedung Putih tahun 2007 semasa pemerintahan Presiden AS George W Bush. Lebih lengkapnya silahkan baca artikel yang telah dimuat oleh detik.com berikut ini.


Rabu, 01/04/2009 16:30 WIB.
Dua Komedian Kanada Berhasil Kelabui Gedung Putih!
Rita Uli Hutapea - detikNews

Montreal - Dua komedian radio Kanada berhasil menipu Gedung Putih tahun 2007 semasa pemerintahan Presiden AS George W Bush. Trik mereka berhasil mengelabui staf Gedung Putih sehingga mau memberikan akses telepon ke Situation Room untuk berbicara langsung dengan Bush.

"Itu rencana yang simpel," kata Marc-Antoine Audette, satu dari duo komedian yang dikenal sebagai Masked Righters of Wrongs. Keduanya mengaku menyamar sebagai asisten Presiden Prancis Nicolas Sarkozy yang waktu itu baru menjabat.

"Kami sangat terkejut karena mereka memberikan nomor direct ke Situation Room yang sangat rahasia, tempat presiden mengontrol pasukan AS di seluruh dunia," kata Audette seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (1/4/2009).

Kedua komedian itu menyetujui permintaan AS untuk tidak menyiarkan rekaman pembicaraan telepon dengan staf Gedung Putih tersebut sampai pergantian pemerintahan. Alasannya, masalah keamanan.

Dan akhirnya rekaman itu disiarkan oleh stasiun radio Kanada, 96.9 CKOI di Montreal guna menandai April Mop yang jatuh setiap 1 April.

Dalam rekaman yang sebagian disensor tersebut, salah seorang komedian meminta operator Gedung Putih untuk mentransfer ke Oval Office, guna melakukan pembicaraan telepon antara Sarkozy dan Bush. Namun ternyata Bush baru saja bicara dengan Sarkozy satu setengah jam lalu. Karena itu staf Gedung Putih pun bertanya kenapa Sarkozy ingin berbicara lagi dengan Bush.

"Saya sedang bersama dia (Sarkozy) saat ini dan dia ingin bicara dengan presiden untuk menyampaikan dukungan padanya," kata salah seorang komedian.

Pembicaraan pun sempat berlangsung beberapa menit. Komedian itu menjelaskan bahwa Sarkozy telah mengatakan pada pemimpin dunia lainnya bahwa dia mendukung Bush dan Sarkozy ingin bicara lagi dengan Bush soal itu.

Akhirnya staf Gedung Putih berkata, "Pak, silakan, Situation Room sudah tersambung." Komedian tersebut kemudian diminta untuk menelepon lagi dalam 15-20 menit karena staff harus memeriksa keberadaan Bush.

"Berapa nomor langsungnya?" tanya seorang komedian. "Pak, saya bisa berikan Anda nomor langsungnya. Anda siap? Ini nomor lokal DC (202)....," jawab staf tersebut.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Pre Order HTC DESIRE, HTC WILDFIRE, IPAD, dan IPOD

YANG MAU IPAD GRATIS - JOIN DI SITTI