Selasa, 09 Desember 2008

Penelitian Intel: Energi Lingkungan Dapat dimanfaatkan Menjadi Energi

INILAH.COM, New York - Intel sedang melakukan penelitian untuk menghasilkan perangkat yang bisa memanen energi gratis yang disediakan oleh lingkungan. Teknologi ini akan digunakan pada ponsel, sehingga tak perlu discharge lagi berulang ulang.

Pembuat chip komputer terbesar di dunia itu sedang membuat sensor berukuran kecil yang dapat menangkap energi dari sinar matahari atau panas tubuh. Di masa depan, energi seperti itu dapat digunakan pada perangkat elektronik berukuran kecil semacam ponsel.

“Saat ini sudah ada jam tangan yang ditenagai oleh panas tubuh, selain prototip smartphone dengan display berfungsi ganda sebagai penangkap energi matahari,” kata Justin Rattner, chief technology officer di Intel.Intel juga mencari kemungkinan untuk menyediakan listrik dengan menggunakan energi dari pergerakan bola di dalam ponsel. Selain itu radiasi sinyal telepon dan sinyal TV juga bisa digunakan untuk menghasilkan tenaga seperti itu.

"Akan sangat menyenangkan dapat pergi kemana-mana tanpa mencharge baterai jika bisa mengumpulkan cukup energi dari lingkungan,” kata Rattner.

Intel sedang mengembangkan sensor yang dapat menyimpan dan ditransmisikan oleh jaringan wireless. Sebagai contoh, accelerometer yang ditanam di diding dapat secara otomatis mengisi ulang dengan memanen energi yang berasal dari radiasi ponsel.

"Itu tidak akan memerlukan baterai, tidak perlu diservis dan tidak membutuhkan listrik. Perangkat itu bisa menjalankan dirinya sendiri sebagai hasil memanen energi dari lingkungan,” kata Rattner.

Rattner mengatakan, Intel belum akan memasarkan sensor seperti itu, tapi penelitian akan terus dilakukan. [ito]

My opinion:
Sudah jelas suatu hari teknologi yang menggunakan minyak akan ditinggalkan umat manusia. Sebelum itu terjadi, maka Indonesia harus maju lebih dulu dengan teknologi itu, jangan sampai negara dengan kemampuan menengah kaya kita jadi tergantung dengan teknologi asing. Jika kondisi yang terjadi, maka lagi" negara menengah akan menjadi bulan-bulanan negara superior hanya untuk memenuhi standar dunia dan kebutuhan masyarakatnya. Masalahnya, teknologi seperti ini telah lama ditemukan tapi ditekan penggunaannya oleh negara-negara yang masih menjual minyak, dimana hal ini sudah merupakan rahasia umum.



Btw, klo teknologi seperti ini bisa ditemukan dan diaplikasikan, kemungkinan terburuknya adalah sangat mungkin buat sebuah gadget "mencuri" informasi dari gadget lainnya pada jarak tertentu. Tentu saja dari arus keluar-masuk sinyalnya. Teknologi BLACKBERRY merupakan salah satu teknologi yang dianggap rentan akan hal seperti itu. coba liat berita di bawah ini pada bagian Obama dilarang menggunakan BLACKBERRY.

Tidak ada komentar:

Pre Order HTC DESIRE, HTC WILDFIRE, IPAD, dan IPOD

YANG MAU IPAD GRATIS - JOIN DI SITTI