Senin, 24 November 2008

Sabtu, 22/11/2008 14:16 WIB

Menkominfo Surati Wordpress
Ardhi Suryadhi - detikinet


Jakarta
-
Blog penghina Nabi Muhammad sempat membuat gempar ranah blog Indonesia. Pemerintah pun sampai turun tangan dengan mengirimkan surat resmi kepada Wordpress, selaku tempat blog sesat itu bernaung. Surat apa?

Surat yang mewakili Menkominfo Mohammad Nuh tersebut adalah untuk memberi apresiasi kepada Wordpress karena cepat tanggap dalam menangkal peredaran blog penghina Nabi Muhammad di layanannya.

Demikian dikatakan Dirjen Aplikasi dan Telematika Depkominfo Cahyana Ahmadjajadi ketika ditemui di sela Pesta Blogger 2008 yang berlangsung di gedung BPPT, Sabtu (22/11/2008).

Menurut Cahyana, surat tersebut sebagai bentuk ucapan terima kasih Menkominfo atas cepatnya langkah yang diambil Wordpress untuk menutup blog yang di dalamnya menampilkan konten komik yang telah menghina agama islam tersebut.

"Blog itu sudah melanggar pasal 27 dan 28 UU ITE, karena memuat konten/kartun yang tak pantas," ujarnya kepada detikINET.

Selain itu, lanjut Cahyana, pemerintah juga memberikan apresiasi kepada penggiat blog Indonesia Enda Nasution. Pasalnya, 'Bapak blogger' ini juga sangat berperan dalam ditutupnya blog penghina nabi tersebut dengan segera melapor kepada Wordpress.

( ash / fyk )

sumber: http://www.detikinet.com/read/2008/11/22/141643/1041205/398/menkominfo-surati-wordpress

Melihat hal di atas, saya jadi memiliki pertanyaan tersendiri. Apakah UU ITE yang baru berlaku di Indonesia mampu menyelesaikan permasalahan tersebut??? Mengingat pelaku tidak berada di Indonesia dan mungkin saja bagi negara asal si pelaku hal tersebut bukan merupakan suatu kejahatan. Dapatkah seseorang dipermasalahkan atas suatu hal yang dianggap benar??? terlepas dari kenyataan bahwa yang namanya kartun nabi adalah TERLARANG.

Tidak ada komentar:

Pre Order HTC DESIRE, HTC WILDFIRE, IPAD, dan IPOD

YANG MAU IPAD GRATIS - JOIN DI SITTI